Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday 3 July 2011

Keliling Singapura dengan EZ link card

Sunday 3 July 2011
Untuk bisa berkeliling di Singapura tentunya sangat mudah dikarenakan transportasi yang sangat teratur dan terjangkau dari satu tempat ke tempat lainnya. Transportasi yang terdapat disana adalah MRT dan Bus. Semenjak kita turun dari pesawat saja di changi sudah terhubung dengan MRT. Terhubungnya MRT ke Airport ini merupakan sesuatu yang bisa dibanggakan tersendiri oleh Singapura karena tidak banyak negara yang mempunya transportasi yang sedemikian tertata.



EZ link card
kartu EZ link adalah sebuah kartu yang digunakan untuk membayar biaya perjalanan anda baik menggunakan bus ataupun MRT. Kartu ini bisa didapatkan di semua MRT station dan 7-11 dengan harga sekitar $10-$12.
Kartu ini berlaku untuk 5 tahun, jadi masih bisa disimpan untuk keperluan berikutnya.

Singapore Tourist Pass
Kartu ini juga berfungsi sama seperti EZ link card tetapi ini dikhusukan bagi para turis yang tidak ingin membeli kartu EZ link. Harga kartu ini adalah $10 (harga rental) + $8 per hari. Kartu ini dijual dalam bentuk 1-day, 2-day, dan 3-day pass. Jadi untuk 2 hari anda akan membayar $26 dan $34 untuk 3 hari. Perlu diingat bahwa pengembalian kartu untuk mendapatkan kembali $10 harus dikembalikan pada hari ke 5 dari waktu pembelian.
Kelebihan dari kartu ini adalah dengan $8 itu anda bisa berkeliling Singapura tanpa kawatir biaya perjalanan karena sifatnya unlimited

Silahkan anda pilih sendiri mana kartu yang tepat untuk anda. Sekedar informasi biaya MRT mulai dari S$0.66-S$3.04 dan bus mulai dari S$0.67-S$1.58 untuk sekali jalan.

Kalau saya pribadi lebih suka dengan kartu EZ link biasa karena tidak perlu repot beli dan tukar kembali pada saat tiba di Singapura.

Untuk penggunaan kartu Standard Ticket bisa klik disini: Standard Ticket

4 comments :

ilmi said...

waaah informasi yg bagus. terima kasih.
http://kafebuku.com/rp500-ribu-keliling-singapura/

Anonymous said...

Saya mau ke singapur selama 4 hari, berarti kalau menggunakan STP harganya $10 (rental) + $8 x 4 hari = $42. Kelebihannya unlimited bisa pakai naik MRT dan bis berkali-kali.

Lalu bagaimana perhitungannya kalau menggunakan Ezlink? $10-$12 yang ditulis itu sudah termasuk isinya apa bagaimana? Setiap hari apakah harus top up? Dan apa ada refundnya?

Terima Kasih

Anonymous said...

EZlink anda membeli kartunya sktr $5 kalau tidak salah, sisanya adalah isi dari kartu tsb.
TopUp hanya kalau perlu saja. Tidak ada refund karena ini berarti anda membeli kartu tersebut utk waktu 5 tahun

Anonymous said...

saya mau ke singapura selama 3 hari. menurut anda, lebih baik membeli ez link card atau STP?
beli EZ Link card atapun STP harus memakai USD yah? apa boleh dengan SGD? karena biar tidak bingung untuk menukar rupiah dg mata uang asing..
terima kasih

Post a Comment