Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday 3 July 2011

Bersekolah di Singapore

Sunday 3 July 2011
Buat kalian yang mempunyai rencana untuk melanjutkan sekolah di Singapore, mungkin ada hal-hal yang bisa jadi pertimbangan untuk mempersiapkan diri bersekolah di Singapore. Beberapa dari kalian mungkin ingin melanjutkan S1, mungkin S2/S3, atau juga melanjutkan SMP/SMA. Dengan sistem pendidikan yang cukup memupuni tentu Singapore menjadi pilihan bagi para orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke negara tersebut. Tidak jarang juga beberapa yang bersekolah di Singapore digunakan sebagai batu loncatan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih baik lagi di negara lain seperti USA dan lainnya dikarenakan pada umumnya pendidikan di Singapore lebih diakui dan dikenal sistem pendidikannya.

Mengenal tingkatan pendidikan di Singapura (*dibuat secara gamblang, tidak detail)
1. Kindergarten <<>> setara TK di Indonesia.
2. Primary School  <<>> SD
3. Secondary School <<>> SMP
4a. ITE <<>> SMK
  b. Polytechnic <<>> D2, D3
  c. JC (Junior College) <<>> SMA
5. University Degree, Master, Phd

 
Mungkin perlu diperhatikan yang point no. 4 kenapa bisa ada a, b, atau c. Memang sistem pendidikan disini sebenarnya agak sudah membagi-bagi 'kelas' bagi yang pintar dan kurang pintar. Jadi bisa dikatakan kalau yang kurang pintar sudah pasti masuk ITE, berikutnya Polytechnic, dan JC.

ITE (Institute of Technical Education)
Pada umumnya hampir dipastikan tidak ada yang datang ke Singapore untuk ambil ITE sejauh yang saya lihat. Kenapa? karena kalau tujuannya untuk mendapatkan S1, berarti anda perlu sekian tahun di ITE, sekian tahun di Polytechnic dan 3 tahun di University. Walaupun namanya belajar, namun sepertinya orang tidak akan mau butuh lebih dari 6 tahun untuk bisa S1

Polytechnic *disebut poly
Seperti diketahui untuk masuk ke University di Singapore cukuplah berat, maka dari itu para lulusan SMA yang belum bisa masuk ke Uni, akan memilih diploma dikarenakan dengan gelar diploma pun anda sudah bisa bekerja di Singapore setelah lulus. Bagaimana untuk lanjut Uni? *Asumsi Uni disini adalah universitas pemerintah seperti NTU/NUS.
Untuk lanjut kuliah ke NTU/NUS dari poly ada persyaratan tertentu selain nilai, yang saya ketahui adalah anda harus menjadi "top 5% student" di poly tersebut untuk bisa lanjut ke uni

Biaya saat ini yang diambil dari salah satu poly adalah $6,047.36 (sudah dengan tuition grant), harga ini naik dari tahun 2010 = $4539 dan tahun 2009 = $3439


University
Untuk universitas pemerintah saat ini ada 3, yaitu: NUS, NTU, dan SMU. Dari segi letak, SMU mempunyai letak yang sangat strategi karena dekat dengan Orchard. Paling jauh adalah NTU, karena letaknya paling ujung sebelah barat Singapura. Namun ini menjadi lokasi yang tepat untuk belajar karena jauh dari keramaian.
Akomodasi universitas tersedia asrama, namun kita tidak bisa memilih sesuai yang kita mau dikarenakan banyak peminatnya. Umumnya untuk awal tahun diberikan kamar sharing dengan orang lain.

Biaya kuliah saat ini sekitar $12000. Harga ini naik cukup signifikan dari tahun 2008-2009 yang hanya sekitar $6000an. Harga ini sudah di subsidi, namun jika keberatan kita bisa mengambil bank loan yang dibayar setelah lulus dan bunga berjalan juga setelah lulus.

0 comments :

Post a Comment